Kalahkan Jarak Tempuh Garuda, Qantas Luncurkan Penerbangan Nonstop Australia-Inggris




Maskapai Australia, Qantas, meluncurkan penerbangan nonstop pertama menuju Inggris dari Perth pada Minggu 25 Maret. Penerbangan langsung itu diklaim mampu memotong waktu tempuh hingga tiga jam yang biasa dipakai untuk transit di Singapura atau salah satu negara di Timur Tengah.
Rute Perth ke London itu akan ditempuh dalam waktu 17 jam dan menempuh jarak hingga 14.484 kilometer (km). Qantas menurunkan armada Boeing 787-9 Dreamliner untuk melayani rute tersebut. Pesawat diperkirakan mendarat di London pada pukul 05.05 waktu setempat.

“Mulai hari ini, penerbangan itu akan menjadi hubungan pertama antara Australia dengan Eropa yang dilayani tanpa transit. Kami sangat senang karena akan menjadi hari bersejarah bagi dunia penerbangan,” ujar Chief Executive Office (CEO) Qantas, Alan Joyce, dinukil dari Reuters, Senin (26/3/2018). 

Sedikitnya 173 ribu turis asal Inggris Raya berkunjung ke Negeri Kanguru setiap tahun. Menteri Pariwisata Australia, Steven Ciobo, yakin layanan terbaru itu akan meningkatkan minat wisatawan terhadap wilayah barat negaranya yang sering dikalahkan oleh pesona wilayah pantai timur.
“Akan ada lebih banyak kesempatan dari sebelumnya bagi kami untuk menunjukkan dan menyorot semua bagian terbaik dari Australia, termasuk beberapa bagian paling menarik dan ikonik di barat,” ucap Steven Ciobo.
Komisioner Tinggi Inggris untuk Australia, Mena Rawlings menuturkan, layanan penerbangan itu akan menjadi game changer dalam hubungan kedua negara. 

Sebagai informasi, sebelum layanan Qantas tersebut diluncurkan, rute penerbangan nonstop paling jauh dari Bandara Internasional Heathrow, London, adalah menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Penerbangan yang dilayani maskapai Garuda Indonesia tersebut menempuh jarak 11.708 km.
Akan tetapi, jarak tempuh itu masih kalah daripada rute penerbangan nonstop terpanjang di dunia, yakni dari Doha, Qatar, menuju Auckland, Selandia Baru. Rute yang dilayani maskapai Qatar Airways itu menempuh jarak 14.529 km atau hanya berselisih 39 km dari Perth-London milik Qantas.

Kalahkan Jarak Tempuh Garuda, Qantas Luncurkan Penerbangan Nonstop Australia-Inggris Kalahkan Jarak Tempuh Garuda, Qantas Luncurkan Penerbangan Nonstop Australia-Inggris Reviewed by dzaky on 19.48 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.