Perkembangan Janin Minggu Ke-28 (7 Bulan)


Pada saat usia kehamilan menginjak 7 bulan, biasanya sebagian dari wanita akan merasa sesak nafas dikarenakan semakin besar kandungannya. Akan tetapi, kondisi seperti ini tidak akan lama apalagi setelah posisi bayi mau melahirkan dimana posisi kepala sudah menuju ke bawah. Sedangkan kondisi perkembangan perkembangan janin sudah mendekati normal atau sempurna, dimana janin pada saat itu sudah mirip seperti manusia keci yang berada di dalam rahim. Semua bagian organ tubuh di dalam janin sudah mendekati sempurna hanya tinggal menunggu pematangan saja. Selain itu, pada saat itu juga janin sudah ada ruhnya sehingga janin mulai bergerak lebih aktif dan cepat. Berikut beberapa proses perkembangan janin pada minggu ke-28 :

1. Perkembangan Janin Minggu Ke-28 (7 Bulan)

  • Saat usia janin minggu ke-28 jaringan lemak pada janin mulai mengalami penumpukan. Lemak-lemak tersebut disebut dengan istilah verinix. Verinix ini menutupi kulit janin sehingga kulit janin tidak akan basah jika terkena cairan ketuban. Verinix tersebut juga bisa membuat tubuh janin terasa hangat meski ada di dalam cairan ketuban.
  • Otak dan fungsinya sudah mulai berkembang secara pesat, dimana permukaan otak mulai berkerut-kerut dan membentuk jaringan yang lebih sempurna. Otak dilengkapi dengan sel-sel syaraf. Sel-sel syaraf tersebut terlapisi dengan lemak yang membuat proses penyampaian rangsangan dapat diterima otak denga cepat
  • Alat kelamin janin sudah mulai terlihat.
  • Janin sudah bisa bermimpi.
  • Janin laki-laki akan membuat rahim berada sekitar 8 cm di atas pusar.
  • Gerakan janin semakin kuat dan semakin sering.
  • Denyut jantung janin mulai bisa terdengan lebih keras
  • Alis dan kelopak mata sudah mulai terbentuk sempurna.
  • Rambut di bagian kepala mulai tumbuh semakin lebat dibandingkan sebelumnya.

2. Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil

Pada usia kandungan 7 bulan sang ibu merasakan ingin buang air kecil ters menerus,uterus semakin besar membuat  ibu hamil merasakan sakit punggung dan cepat menjadi pegal dan juga tubu sang ibu akan semakin membesar seiring dengan janin yang semakin besar. Selain itu, para ibu hamil juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutirisi seperti mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Makanan-makanan tersebut diantaranya adalah kentang, brokoli, telur rebus, ikan salmon, ikan tuna, daging ayam, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.
Itulah perkembangan janin minggu ke-28 yang harus bunda ketahui. Dengan keterbatasan waktu yang ada, maka kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja.


Perkembangan Janin Minggu Ke-28 (7 Bulan) Perkembangan Janin Minggu Ke-28 (7 Bulan)  Reviewed by dzaky on 06.35 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.