Tips KPR Lancar, Mulai dari Pengajuan Sampai Pelunasan


Ketika hendak membeli sebuah rumah dengan sistem pembiayaan kredit perumahan atau KPR, Anda harus mempersiapkan diri menghadapi appraisal bank agar mendapatkan plafon pinjaman sesuai kebutuhan Anda. 

Pastinya sebelum disurvei, seharusnya Anda menyesuaikan angka pinjaman dengan kemampuan Anda dalam cicilan atau menyesuaikan dengan pendapatan Anda setiap bulan. Memiliki reputasi kredit baik merupakan kunci utama agar Anda lebih mudah mendapatkan pinjaman kredit perumahan di rumah.com. 

Cara agar KPR Disetujui 

Jika Anda memiliki riwayat kredit lancar, maka hal tersebut akan semakin memudahkan dan Anda berkemungkinan besar memperoleh persetujuan pinjaman kredit perumahan dari Bank. Namun sayangnya mengenai riwayat kredit ini belum diketahui oleh banyak pemohon kredit perumahan. 

Tak jarang nasabah yang telah menyiapkan dokumen serta melengkapi persyaratan justru mendapatkan penolakan dari pihak bank. Oleh karena itu, berikut ini sedikit ulasan mengenai beberapa tips agar tingkat kepercayaan bank terhadap Anda semakin meningkat. Dengan demikian pengajuan pinjaman kredit perumahan Anda dapat di-approve. 

1. Tingkatkan reputasi kredit

Pastikan bahwa di mata pihak Bank, Anda mempunyai riwayat kredit baik. Jika selama ini Anda mempunyai kartu kredit, meminjam modal usaha maupun kredit kendaraan, biasakanlah untuk membayarkan angsurannya tepat waktu. Melakukan pembayaran seluruh jenis kredit secara rutin dan tepat waktu, maka Anda tidak terjebak kredit macet. 

Selanjutnya Anda memiliki reputasi baik dan dapat meningkatkan keyakinan pihak Bank terhadap Anda. Dengan demikian, hal tersebut dapat memperkecil risiko tertolaknya pengajuan pinjaman kredit perumahan. 

2. Melunasi hutang

Tidak cukup dengan disiplin membayar semua kredit Anda secara tepat waktu dan memperoleh reputasi baik. Disarankan sebelum mengajukan kredit perumahan, lunasi seluruh sisa hutang Anda. Tak hanya pinjaman besar tetapi juga pembayaran kartu kredit jumlah maksimum. Apabila Anda melakukan kartu kredit pembayaran minimum, justru akan memperpanjang jangka waktu cicilan beserta bunganya. 

3. Komunikasikan dengan bank

Apabila Anda berada di posisi sebagai pihak bank, tentunya Anda lebih senang hati memberikan pinjaman pada debitur yang berkomunikasi aktif. Apabila Anda mempunyai kenalan yang kerja di perbankan, Anda dapat minta bantuan untuk rekomendasi serta memudahkan proses appraisal. Saat wawancara, jelaskan pula gambaran cashflow setiap bulannya secara terperinci. Interaktif dan terbuka tentunya bisa menjadikan nilai Anda meningkat di mata pihak bank. 

4. Pilih properti tepat

Pastinya pihak bank tak asal-asalan bekerjasama dengan para developer dalam proses pembiayaan KPR. Pihak bank bahkan mempunyai kriteria hunian yang akan diterima pengajuan kredit perumahannya. Contohnya pihak bank akan mengecek legalitas tanah maupun aksesibilitasnya. 

5. Berpikirlah 2 kali sebelum memutuskan pensiun dini

Sebagian orang mendambakan pensiun dini lalu memulai untuk berwirausaha. Akan tetapi ketika hendak mengajukan KPR, jika Anda masih memiliki pilihan antara kerja di kantor ataukah mengembangkan bisnis, maka sangat dianjurkan agar Anda bertahan dulu sebagai karyawan. 

Selain hal tersebut lebih mendukung persyaratan, Anda juga tetap memiliki pendapatan stabil. Dengan adanya kestabilan dan kepastian dalam urusan pendapatan, Anda bisa semakin yakin pula dalam urusan pembayaran angsuran. 

6. Persiapkan data penunjang

Agar penilaian aplikasi prosesnya berjalan cepat dan meningkatkan peluang diterimanya oleh pihak bank, Anda sebaiknya harus segera menyiapkan data penting yang diperlukan. Beberapa diantaranya slip gaji bulanan, bukti transaksi bank dalam 3 bulan terakhir (dapat Anda unduh melalui internet banking maupun print out secara langsung di bagian customer service bank kantor cabang. 

Pengaturan Keuangan 

Jangka waktu cicilan yang lama acapkali menjadi pertimbangan bagi kebanyakan orang yang hendak memutuskan mengambil kredit kepemilikan rumah. Namun kekhawatiran pun biasanya juga muncul. Salah satu kekhaatiran tersebut yakni terbesit “takut tak sanggup membayar cicilan KPR ke depannya”. 

Padahal apabila Anda adalah tipe orang yang pandai mengatur keuangan pribadi, seharusnya Anda tidak perlu khawatir atau memusingkan tentang hal tersebut. Langkah yang sebaiknya diterapkan agar kekhawatiran Anda tidak terjadi ialah : 

1. Memangkas pengeluaran yang tidak penting

Bersikap konsumtif adalah salah satu kebiasaan buruk yang wajib dihindari bila Anda sudah berkomitmen mencicil pembayaran kredit rumah. Perangi keinginan ‘doyan nongkrong, doyan plesiran dan doyan belanja’. Poin ini harus ditanamkan di hati sejak sebelum akad kredit.

Dalam strategi perencanaan keuangan, sangat disarankan agar Anda mengalokasikan pendapatan dalam beberapa pos yakni : 

  • Pos biaya hidup per bulan plus cicilan KPR sekitar 60 %. 
  • Pos investasi maupun tabungan sekitar 20 %. 
  • Pos biaya darurat atau tak terduga sekitar 10%. 

Maksimalkanlah Pos 20 % dan 10 % bila Anda masih memiliki cicilan pinjaman lainnya, seperti cicilan kendaraan. Dari contoh pos keuangan pribadi di atas, tersisa 10 % saja yang boleh dipergunakan untuk mengikuti gaya hidup seperti nongkrong, plesiran atau pun shoping. 

2. Kelola penghasilan dengan baik

Ketika membuat anggaran tiap bulan, selalu prioritaskan pembayaran KPR lebih dulu. Hindarilah pengeluaran yang tak terlalu dibutuhkan. Apabila Anda mempunyai penghasilan lebih, maka pisahkan untuk membeli sesuatu yang memang diinginkan. 

3. Kemampuan ditingkatkan

Sebenarnya Anda kemampuan mencicil Anda juga bisa ditingkatkan meskipun besaran gaji per bulannya relatif sama, yakni dengan manfaatkan moment kenaikan gaji, adanya tunjangan, maupun memperoleh bonus. Anda bisa menambah sumber penghasilan bulanan dengan cara membuka sumber pendapatan lainnya, baik secara aktif seperti berbisnis, maupun secara pasif seperti investasi saham. 

Tips di atas cukup mudah untuk diterapkan, kan? Dengan demikian, proses pengajuan KPR Anda akan lebih mudah diterima dan proses pelunasan pun dapat berjalan lancar. Usahakan untuk memilih KPR dengan akad syariah yang juga terjamin kepercayaannya. 

Tips KPR Lancar, Mulai dari Pengajuan Sampai Pelunasan Tips KPR Lancar, Mulai dari Pengajuan Sampai Pelunasan Reviewed by dzaky on 22.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.