Asupan Gizi yang Dibutuhkan dalam Perkembangan Anak


Perkembangan anak merupakan sebuah proses perubahan kondisi dimana terjadinya pertambahan struktur dan fungsi tubuh. Dimulai dari motorik kasar, halus, bicara, perubahan dalam bahasa, sosialisasi serta kemandiriannya. Perkembangan tersebut akan berlangsung secara cepat dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan selanjutnya karena memang saling berkesinambungan. 

Namun setiap anak akan memiliki tumbuh kembang yang berbeda-beda meskipun pada usia yang sama. Hal ini dirasa wajar karena memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang tersebut, salah satunya adalah asupan gizi yang diberikan. 

Gizi sangatlah penting untuk perkembangan kognitif dan perkembangan psikologis dari sang anak. Nah disinilah peran orang tua sangat penting dalam menentukan asupan gizi yang akan diberikan kepada anak tercinta. 

Gizi yang Diperlukan Anak 

Sebenarnya tidak ada zat gizi yang mampu berkerja secara sendiri dalam menunjang perkembangan anak. Dibutuhkan kerjasama dari semua jenis gizi karena memang memiliki manfaatnya masing-masing dan dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih untuk anak, mereka cenderung membutuhkan banyak macam jenis gizi agar tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan benar dan sesuai dengan usianya. 

Lalu apa saja sih zat gizi yang bisa membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak? berikut adalah daftarnya : 

1. Kalsium 

Kalsium merupakan zat mineral yang memiliki manfaat sangat baik untuk tulang. Kalsium mampu memberi kepadatan pada tulang sehingga tidak akan gampang keropos. Kemudian kalsium juga memiliki manfaat cukup penting bagi fungsi jantung, otot, dan juga pembekuan darah. 

Seorang anak akan membutuhkan tingkatan kalsium yang berbeda dan itu bergantung terhadap usianya. Untuk anak usia dibawah satu tahun maka ia hanya membutuhkan sekitar 200 hingga 250 mg untuk setiap harinya. 

Jika telah memasuki usia 1-9 th, si kecil membutuhkan sedikitnya 500mg per harinya. Untuk anak-anak yang mulai tumbuh remaja yaitu di usia 10-18 tahun maka memerlukan kalsium yang lebih tinggi yaitu 1200mg per hari. 

2. Vitamin D 

Vitamin D memiliki peranan yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam makanan. Keduanya berkerjasama untuk bisa membuat tulang menjadi kuat. Vitamin D biasanya banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan susu. Dan anak-anak dengan usia dibawah 1 tahun membutuhkan sedikitnya 5 mg/hari, sedangkan lebih dari satu tahun maka butuh 15 mg/hari. 

3. Protein 

Protein di dalam tubuh akan diubah menjadi asam amino dan akan berperan dalam membantu membuat sel maupun jaringan baru. Anak dengan cukup asupan protein maka akan memiliki tinggi yang lebih dari pada anak seusianya. Untuk kebutuhan asupan protein juga beragam tergantung usia anak itu sendiri. 

4. Zat besi 

Di dalam tubuh ada sebanyak 70% zat besi yang berbentuk hemoglobin dan berada dalam darah. Hemoglobin tersebut memiliki fungsi untuk menyebarkan makanan serta oksigen ke seluruh anggota tubuh. 

Zat besi yang cukup akan membuat perkembangan anak lebih baik dalam sisi tinggi badan. Pemenuhan zat gizi juga akan sangat bergantung terhadap usia anak, beda usia tentu akan berbeda kebutuhan asupan gizinya. 

Itulah tadi sedikit daftar kebutuhan asupan gizi yang berperan penting dalam perkembangan anak. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kebutuhan lemak sehat yang bisa didapatkan dari Blueband. Kandungan vitamin A, B1, 2, D, E, dan juga omega 3 dan 6-nya memiliki manfaat yang sangat baik. Margarin ini bisa digunakan untuk berbagai macam masakan, kue, maupun camilan untuk buah hati.
Asupan Gizi yang Dibutuhkan dalam Perkembangan Anak Asupan Gizi yang Dibutuhkan dalam Perkembangan Anak Reviewed by dzaky on 22.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.